June 28, 2017

Stimulasi Bagi Bayi yang Belum Bisa Merangkak

Stimulasi Bagi Bayi yang Belum Bisa Merangkak

Katadia.com – Pada umumnya memasuki usia 6 bulan, ketika bayi anda tengkurap maka dia mampu mengangkat beban tubuhnya. Ini merupakan cikal bakal kemampuan bayi anda untuk merangkak. Meskipun demikian tidak semua bayi pada usia yang sama memiliki kemampuan merangkak, mungkin saja bayi anda sebelum usia 6 bulan atau mungkin diatas 6 bulan. Nah, pada usia yang terlambatlah seringkali ibu sering cemas dan bertanya-tanya, apakah keterlambatan merangkak merupakan tanda gangguan perkembangan pada anak?

Seringkali masyarakat beranggapan bahwa pertumbuhan dan perkembangan merupakan salah satu fase yang sama pada anak padahal keduanya memiliki hal yang berbeda. Pertumbuhan pada anak berhubungan dengan perubahan fisik, misalnya dengan proporsi tubuh, ukuran dan besar semakin bertambah jumlahnya dan besar sel tubuh anak. Pertumbuhan anak dapat diukur sehingga memiliki satuan seperti cm, gram atau lainnya. Sedangkan pertumbuhan merupakan kemampuan fungsi dan struktur tubuh anak,hasil dari interaksi kematangan syaraf pusat dan organ yang dipengaruhi pada anak tersebut. Dengan demikian proses pertumbuhan dan perkembangan anak tidak bisa berdiri sendiri melainkan berkesinambungan, salah satu perkembangan pada anak yaitu fase merangkak.

Kemampuan merangkak pada bayi yaitu rentan waktu 6-10 bulan. Ketika anak mulai merangkak lengan dan kakinya menopang tubuh diatas lantai sehingga dengan merangkak anak anda akan melatih kemampuan secara motorik halus.
Merangkak ini merupakan fase yang dilalui anak anda sebelum berjalan, dengan merangkak bayi anda belajar duduk dan berdiri. Dengan merangkak maka anak anda mempersiapkan diri untuk berjalan bahkan dapat memperkuat otot-otot tangan dan kaki untuk mengangkat beban tubuhnya sehingga dapat berpindah.

Selain rentan usia yang berbeda dalam memasuki fase merangkak, anakpun merangkak dalam cara yang berbeda-beda. Pada beberapa anak seringkali menggunakan tangan dan kakinya, adapula bayi yang merangkak dengan cara bergesar dengan perutnya, sebagian lagi bayi merangkak dengan menggunakan pantat dan kakinya. Meskipun yang umum pada anak yang merangkak yaitu yang menggunakan tangan dan lututnya.

Sehingga bayi anda yang seringkali bertanya-tanya mengapa bayi anda belum bisa merangkak. Anda tidak perlu khawatir. Fase merangkak tidak perlu menjadi patokan penting. Bahkan beberapa anak dapat melewati fase merangkak dan selanjutnya memiliki kemampuan berdiri dan berjalan dengan baik.

Sumber : Bidanku.com