June 28, 2017

3 Gangguan Kesehatan Akibat Majunya Teknologi

3 Gangguan Kesehatan Akibat Majunya Teknologi

Katadia.com – Teknologi yang semakin canggih memang membuat kita dapat mengetahui perkembangan di belahan dunia lainnya dan bisa tetap terhubung dengan keluarga atau teman yang jauh. Namun tahukah Anda bahwa teknologi dapat berpengaruh pada kehidupan dan kesehatan Anda?

Dilansir dari Usnews, Rabu (27/7/2016), berikut adalah masalah kesehatan akibat penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari:

1. Aktivitas makan yang terganggu menyebabkan berat badan naik

“Menggunakan teknologi ketika sedang makan, dapat membuat aktivitas tersebut menjadi terganggu. Sehingga bisa membuat anak-anak berisiko tinggi obesitas. Hal ini disebabkan karena konsumsi makan yang meningkat akibat bermain teknologi,” kata pemimpin penelitian di University of Illinois, Barbara Fiese.

Selain itu, dalam jurnal American Psychological Association menemukan bahwa, ketika seseorang yang makan sambil menonton televisi, menelepon, atau bermain smartphone, dapat membuatnya cenderung memilih mengonsumsi makanan yang kurang sehat daripada yang sehat tanpa disadari.

2. Melihat layar telepon seluler bisa menyebabkan sakit leher

“Melihat terus menerus layar handphone dapat menyebabkan ketegangan pada tulang belakang,” tulis ahli bedah tulang belakang, Dr. Kenneth Hansraj dalam penelitiannya.

Rata-rata berat kepala orang dewasa adalah 10 sampai 12 pounds, namun dengan menunduk sekitar 60 derajat saat melihat layar HP, dapat meningkatkan tekanan sampai 60 pounds. “Tekanan ini dapat berakibat sobeknya jaringan, degenerasi, dan kemungkinan melakukan operasi,” tulisnya.

3. Teknologi dapat mengurangi jam dan kualitas tidur

Penggunaan teknologi dalam waktu yang lama, berkaitan dalam meningkatkan kelelahan dan stres karena mengurangi kualitas tidur seseorang. Lebih baik, gunakan teknologi yang Anda miliki dengan bijak dan tidak berlebihan.

Sumber: Liputan6.com