June 27, 2017

Spesies Tikus Baru Ditemukan di Sulawesi, Punya Hidung Seperti Babi

Spesies Tikus Baru Ditemukan di Sulawesi, Punya Hidung Seperti Babi

katadia.com – Ilmuwan dari tiga negara berhasil menemukan spesies tikus baru saat berada di Sulawesi. Tikus yang dijuluki Hyorhinomys stuempkei (tikus hidung babi) itu ditemukan pada Januari 2015 lalu. Peneliti dari Indonesia, Australia, dan Amerika Serikat menemukan lima ekor spesies baru tersebut. Dikatakan peneliti bahwa ciri tikus ini adalah memiliki bentuk wajah unik yang cukup berlainan jika dipadankan dengan tikus umumnya.

“Kami dalam misi mendata hewan di gunung-gunung terpencil di Sulawesi dengan konteks untuk mengetahui bagaimana evolusi terjadi di Asia dan Australia,” ujar Kevin Rowe, kurator mamalia di Museum Victoria, seperti dikutip laman BBC.

Sampai saat ini peneliti belum memahami seluk beluk tikus tersebut dan laju penyebarannya. Selain itu spesies tikus yang ditemukan juga belum pernah terdokumentasi. Bobot tikus ini adalah 250 gram dan kondisinya cukup sehat. Perlu waktu lebih dari enam minggu bagi peneliti untuk mendapatkannya di hutan terpencil.

 “Kami sudah memasang perangkap selama berhari-hari. Ketika ada yang terperangkap, yang saya temukan adalah spesies tikus yang benar-benar baru,” tutur Rowe.

Sejumlah perbedaan dimiliki oleh Hyorhinomys stuempkei dibanding tikus lainnya. Misalnya dia punya hidung seperti babi dan mukanya panjang. Telinganya pun tampak lebih besar. Peneliti berpendapat bahwa banyak evolusi morfologi yang terjadi di Sulawesi. Pasalnya, tahun lalu peneliti sempat menemukan tikus amfibi yang tidak memiliki gigi.

“ Selain itu bentuk gigi bawah hewan ini lebih mirip gigi bawah celurut,” katanya.“Tikus ini juga memiliki rambut kemaluan yang sangat panjang, yang biasa ditemukan pada mamalia Australia lainnya,” tambahnya.