June 27, 2017

Muncul Kota Melayang di Langit China. Apa Penyebabnya?

Muncul Kota Melayang di Langit China. Apa Penyebabnya?

katadia.com – Sebuah penampakan aneh terjadi China. Warga di kota Jiangxi dan Foshan melihat awan yang ada di langit mereka tampak membentuk sebuah rangkaian bangunan. Bahkan, sekilas mirip sebuah kota melayang. Peristiwa ini terjadi pada akhir pekan lalu. Ada ribuan warga yag menjadi saksi atas penampakan ini. Sebagian orang meyakini ada kemungkinan kehidupan pararel seperti pada film Thor2: The Dark World.

Namun bagi ilmuwan, anggapan tersebut dianggap sebagai mitor. Ilmuwan lebih meyakini bahwa fenomena awan membentuk kota itu hanya fatamorgana biasa. Di samping itu, belum ditemukan laporan tentang datangnya alien atau UFO di sekitar kota tersebut yang mungkin menjadi pemicu dari munculnya kota melayang.

Fatamorgana terjadi setelah sinar matahari menyebabkan perbedaan suhu dan tekanan udara pada permukaan bumi dengan langit. Umumnya kejadian itu dipicu suhu di sekitar daratan lebih dingin dari suhu di langit. Dari situ kemudian sinar matahari akan dibelokkan atau berputar balik. Efeknya adalah sinar menimbulkan bayangan di langit yang tependar dari ben-benda di daratan.

Ilmuwan berkesimpulan, dalam penampakan gedung-gedung bertingkat di China tersebut muncul atas fenomena fatamorgana ini. Namun, dikutip laman Merdeka dari Softpedia, ada pihak yang menduga bayangan kota ini kemungkinan hasil dari percobaan teknologi hologram yang dimiliki badan antariksa Amerika Serikat, NASA.