June 27, 2017

Kampung Botol, Tempat Bersejarah Unik di California

Kampung Botol, Tempat Bersejarah Unik di California

Katadia.com –¬†Grandma Prisbrey’s Bottle Village sebuah desa unik yang ada di Simi Valley, California. Di area seluas sepertiga hektar ini terdapat lebih dari 30 patung dan 16 rumah yang dibuat oleh Tressa Prisbrey. Semua benda ini terbuat dari barang-barang bekas yang ia kumpulkan dari tempat pembuangan sampah.

Dilansir Amusing Planet, Prisbrey mulai membangun Bottle Village (Kampung Botol) ini pada 1956 ketika ia berusia 60 tahun. Ide ini bermula dari kegemarannya mengumpulkan pensil. Prisbrey berhasil mengumpulkan 17.000 pensil dan ia butuh tempat untuk menyimpan pensil tersebut.

Pada awalnya ia berencana membuat sebuah ruang penyimpanan, namun ketika mengetahui harga blok sinder yang mahal, ia memutuskan membuat ruang tersebut dari botol. Prisbrey mendapat ide ini dari taman hiburan Knott’s Berry Farm, di Buena Park, California.

Prisbrey mulai mengumpulkan barang bekas bersama adiknya dan tanpa sadar ia telah mengumpulkan lebih dari satu juta botol. Dari sanalah Bottle Village lahir.

Mulanya, ia membuat rumah pensil “Pencil House” dan sebuah dinding untuk mengurangi bau dan debu dari peternakan kalkun di sekitarnya. Namun ternyata, satu juta botol tidak cukup untuk mengatasi hal tersebut dan ia melanjutkan pembangunan rumah botol itu.

california bottle village pencil house
Sumber photo : http://webecoist.momtastic.com/

Prisbrey kemudian membangun rumah botol lain untuk menyimpan 600 koleksi bonekanya, maka lahirlah Leaning Tower of Bottle Village, the Dolls Head Shrine, Cleopatra’s Bedroom, the Round House dan masih banyak lagi. Semua bangunan ini terhubung dengan jalan setapak yang dibentuk dari mozaik warna warni. Nenek Prisbrey juga menambahkan lampu mobil, TV dan benda menarik lain sebagai hiasan.

building with recycled glass bottles simi valley california
Sumber photo : http://webecoist.momtastic.com/

Ketika para wisatawan sedang berkunjung ke desa tersebut, dengan senang hati Prisbrey menemani mereka berkeliling. Biaya yang dikeluarkan pun tidak banyak, hanya kurang dari satu dolar, tetapi biasanya orang-orang membayar lebih dari itu secara sukarela.

Sebelum akhirnya kesehatan Nenek Prisbrey menurun, ia masih melanjutkan pembangunan desa unik tersebut selama 25 tahun. Ia akhirnya meninggalkan desa tersebut pada 1982, di usia 86 tahun dan tinggal bersama anaknya di San Fransisco. Nenek Prisbrey meninggal pada 1988.

Pada 1994, Bottle Village mengalami kerusakan  berat akibat gempa bumi Northridge. Desa ini kemudian dikelola oleh sebuah organisasi non-profit dan kembali dipugar. Bottle Village saat ini dikenal sebagai Historical Landmark atau tempat bersejarah California dan ada di Daftar Tempat Bersejarah Nasional (National Register of Historic Places).

Sumber : Viva.co.id