June 28, 2017

Ditemukan, Beton Ajaib yang Bisa Menyerap Air Banjir

Ditemukan, Beton Ajaib yang Bisa Menyerap Air Banjir

katadia.com –  Baru-baru ini telah ditemukan bahan bangunan yang mampu menyerap air cukup besar. Konon temuan ini nantinya bisa digunakan sebagai solusi akhir untuk mengatasi masalah banjir terutama yang dilami oleh kota-kota besar. Sebuah perusahaan di Inggris berhasil mengembangka produk beton unik. Karateristiknya dibuat agar dapat “melahap” air yang kena fisiknya.

Oleh perusahaan tersebut, beton unik ini diberi sebutan Topmix Permeable. Dengan Topmix nantinya permukaan akan memiliki daya serap kuat. Oleh sebab itu beton ini dijadikan permukaan penutup. Daya serapnya memungkin air akan merembes ke dalam beton dan tidak tidak menimbulkan genangan air penyebab banjir.

Sebuah video yang dirilis untuk mendemokan kemampuan Topmix Permeable menunjukkan, daya serapnya terhadap air mampu mencapai 880 galon per menit. Angka ini sekira dengan 4.000 liter air. Sebagian besar air segera terserap begitu menyentuh permukaan beton. Percobaan ini dilakukan pada sebuah tempat parkir.

Diungkapkan salah seorang pengembang dari beton ajaib ini, Lafarge Tarmac, Topmix Permeable bermanfaat pula untuk membuat jalanan lebih aman karena genangan air bisa ditekan keberadaannya. Genangan air di jalanan kerap menimbulkan masalah seperti kendaraan yang mudah tergelincir. Dikutip dari laman Okezone, lapisan permeable pada beton menjadikan matriks kerikil mudah menembus ke basis longgar di bawah lapisan tersebut.