June 27, 2017

Wisata ‘Uji Nyali’ di Umbul Sidomukti

Wisata ‘Uji Nyali’ di Umbul Sidomukti

katadia.com – Kawasan wisata Umbul Sidomukti yang berlokasi di atas ketinggian bukit Ungaran ini memang memesona. Selain menyajikan permainan yang memacu adrenalin resort ini dilengkapi Pondok Wisata dan restoran lesehanyan dengan aneka menu yang komplet.

Konfigurasi alam yang begitu indah menghampar begitu memesona. Di atas ketinggian 12000 Dpl lereng gunung Ungaran kita bisa memandang lepas hutan pinus, hamparan sawah berundak, air terjun, aliran sungai dan kabut pegunungan.

Dari Umbul Sidomukti kita bisa memandang Bukit Kembar Cimanggal, dan Gunung Merbabu. Sebuah harmoni alam yang benar-benar ciamik.Kawasan Tuhan begitu indah melukis kawasan wisata Umbul Sidomuktui ini di atas kanvas keagungan-Nya.

KOLAM RENANG ALAM

Selain bentang alam yang indah yang menjadi daya tarik kawasan wisata Umbul Sidomukti adalah kolam renang alam. Taman renang umbul alam Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian 1100 dpl, diapit jurang di kedua sisinya.

Kolam renang Umbul Sidomukti yang dibuka 2 Agustus 2007 itu dibangun dengan desain kolam tradisional, bergaya minimalis tetapi menawarkan kenyamanan bagi pengunjung. Dinding kolam bertingkat ini disusun dari tumpukan batu alam. Ini menjadikan penampilannya lebih unik, sederhana, dan terasa akrab bagi pengunjung. Di tamannya banyak tempat duduk berundak model panggung terbuka sehingga pandangan bebas ke segala penjuru.

Dan di sisi kanannya sepanjang lereng berjajar saung tempat istirahat melepas kepenatan setelah lelah beraktivitas. Suasananya benar-benar seperti teater terbuka di tengah bentangan alam yang indah.

kolam2

Lokasi ini sengaja dipilih pengelola, karena keindahan pemandangannya, airnya yang bening dan kesegaran udaranya. Kolam renang ini sumber airnya berasal dari mata air alam yang mengalir sepanjang tahun. Sumber air Tuk (mata air) Ngetihan yang airnya konon menyegarkan jiwa dan dipercaya dapat membuat awet muda. Tuk Ngetihan ini mata airnya memiliki umbul —air yang memancar dari tanah—yang memancar setinggi 1,5 meter dari dasar kolam. Konon. kolam renang alam Umbul Sidomukti, ini disebut-sebut tertinggi di Indonesia bahkan Asia.

Kolam renang alam Umbul Sidomukti yang bertingkat ini memang tergolong unik. Kolam renang ini berlokasi di lereng Gunung Ungaran, persis di tepi jurang dan lembah Ungupungup.

Dan air umbul yang mengalir sepanjang tahun itulah sumber air utama untuk taman renang alam Umbul Sidomukti. Limpahan air tersebut meluber ke kolam di bawahnya, selanjutnya menuju kebun dan sawah-sawah.

Sensasi yang kita rasakan kalau berendam atau berenang di kolam renang ini seakan berada di khayangan. Fantatis, karena di puncak ketinggian ini sejauh mata memandang kita melihat hamparan alam hijau dan awan yang begitu dekat, apalagi ketika kabut menyergap. Menikmati sensasi dan kesegaran mata air murni pegunungan yang terletak di atas 1100 dpl.

WISATA KELUARGA

Manajemen PT PAS sebagai pengelola kawasan ini sangat jeli menangkap peluang keindahan alam desa Sidomukti, PT PAS mengelola kawasan ini dengan konsep REAL atau Recreation (hiburan), Education (pendidikan), Adventure (petualangan), dan Leisure (pengisian waktu senggang). Di lahan PT PAS seluas 36 hektare tersebut di bangun kawasan wisata keluarga dan kini juga digunakan untuk outbound dan bumi perkemahan modern. Di samping itu ada pula sekitar 400 hektare lahan Perhutani yang layak untuk wisata trekking atau jelajah hutan.

Kawasan wisata Umbul Sidomukti ini tak sekadar menawarkan pesona alam, tetapi juga menantang pengunjung untuk menguji nyali. Di antara lembah yang ada terpasang fl ying fox sepanjang 110 meter dan 60 meter dengan keting gian 70 meter dengan kemiringan 30 derajat. Dengan ke dalaman lembah lebih dari 70 meter bisa jadi fl ying fox t Umbul Sidomukti ini yang tertinggi di Indonesia.

Atau, Anda ingin uji nyali meniti marine bridge (jembatan tali) sepanjang 60 meter dan terombang-ambing di atas jurang dalam sergapan kabut? Ini memang sebuah sensasi. Selain memacu andrenalin juga menguji nyali kita.

p_ps_1254057033

Anda ingin kegiatan lain seperti rapeling menuruni jurang, sedalam 60 meter, berkuda, dan adu kelincahan di sirkuit alam di arena ATV Tantangan alam lain adalah river up trekking alias susur sungai. Jalur aliran air sungai yang jernih pada cekungannya Umbul Sidomukti menawarkan sensasi tersendiri. Biasanya, pengunjung secara rombongan menyusuri sungai kecil di loka wisata alam ini.

Umbul Sidomukti selain menawarkan panorama juga jalur trekking ke puncak Gunung Ungaran, Gua Jepang, dan Kebun Teh Medini. alami. Jangan khawatir untuk safetynya karena semua fasilitas permainan yang ada di Umbul Sidomukti dijalankan oleh operator Ragentar yang memang punya spesialisasi di bidangnya.

Untuk anak-anak Umbul Sidomukti menyediakan arena Taman Berani, wahana ini untuk melatih keberanian dan sportivitas. Untuk mereka, ada fl ying fox anak sepanjang 15 meter, wall climbing dan rapeling. Fasilitas lainnya yaitu camping ground atau lokasi kemah. Di atas lahan perkemahan ini pengunjung dapat menikmati malam di alam bebas.

Berkemah sambil menimkati api unggun di atas tingginya tebing pegunungan. Kawasan wisata ini juga menyediakan outbound untuk sekolah dan perusahaan yang dikelola secara professional oleh Ragentar outbound training dan olah nyali.