June 27, 2017

Ini Alasannya Mengapa Orang Bersin Sampai 3 Kali?

Ini Alasannya Mengapa Orang Bersin Sampai 3 Kali?

Katadia.com – Pernah memperhatikan orang bersin? Kadang-kadang bersin merupakan kejadian tunggal. Tapi, seringkali bersin itu terjadi 2 atau 3 kali berturutan, sehingga membingungkan orang sekitar.
Bersin berturutan ini sepertinya berlebihan, tapi hal itu sebenarnya membantu orang membersihkan penyebab iritasi dari saluran pernafasan mereka, kata Dr. Jordan S. Josephson, seorang ahli sinusitis di Lenox Hill Hospital di New York City.

Dikutip dari Live Science pada Senin (25//4/2016), Dr Josephson mengatakan, orang bersin karena ada beberapa partikel asing di dalam hidung. Bersin adalah cara mengeluarkannya.”

Pada orang-orang yang bersin 3 kali berturutan secara cepat, “satu bersin mungkin melonggarkannya, yang ke dua mendorong partikel ke depan hidung, dan bersin yang ke tiga mengeluarkannya,” katanya.

Ada sejumlah penyebab iritas yang memicu bersin. Infeksi pernafasan yang disebabkan oleh virus, misalnya flu biasa, dapat menganggu membran mukus di dalam hidung.

Demikian juga halnya dengan udara dingin, alergen seperti serbuk sari dan daki hewan, iritasi fisik seperti asap dan polusi, dan partikel-partikel lingkungan hidup seperti debu, lumut dan jamur, demikian dilaporkan Live Science.

Tapi tidak semua bersin berhubungan dengan penyebab iritasi. Ada orang yang bersin ketika diterpa sinar matahari. Kondisi ini dikenal sebagai bersin fotik yang berdampak pada 10 hingga 35 persen populasi, demikian menurut suatu survei tidak resmi, demikian dilaporkan oleh Scientific American. Ada lagi orang yang bersin ketika perutnya penuh. Kondisi ini disebut dengan snasiasi.

Apapun pencetusnya, pastikan melindungi hidung dan mulut guna mencegah penyebaran kuman-kuman, kata Josephson, yang juga adalah penulis “Sinus Relief Now: The Ground-Breaking 5-Step Program for Sinus, Allergy, and Asthma Sufferers” terbitan TarcherPerigee (2006).

Ia menganjurkan untuk cuci tangan kalau bersin menyembur ke tangan.

Secara berguyon, ia mengatakan bahwa bersin ke arah siku memang berhasil, tapi membuat “baju kita jadi terlihat seperti saputangan.”

“Sebenarnya, cara terbaik untuk melakukannya adalah bersin ke dalam tisu,” imbuhnya.

(liputan6)