June 24, 2017

Khasiat Kunyit Untuk Kecantikan Kulit

Khasiat Kunyit Untuk Kecantikan Kulit

Katadia.com – Kunyit merupakan salah satu rempah yang dari dulu banyak digunakan oleh orang Asia. Untuk orang Indonesia sendiri kunyit merupakan item yang tidak bisa ditinggalkan dan paling diperlukan di dapur dan rumah tangga sebagai salah satu bumbu untuk memasak. Di dalam kunyit terkandung senyawa berkhasiat obat yang disebut dengan kurkuminoid, yang terdiri dari desmetoksikumin dan kurkumin. Selain itu kunyit juga kaya akan kandungan vitamin C. Untuk itulah selain dijadikan rempah kunyit juga bermanfaat dalam bidang kesehatan, yaitu mengobati berbagai macam penyakit seperti bisul, muntaber, alergi, campak dan kanker.

Namun tahukah anda di balik banyaknya khasiat dari kunyit ternyata kunyit juga memiliki khasiat untuk kecantikan, salah satunya yaitu kecantikan kulit. Nah, berikut merupakan beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan kulit.

1. Mengatasi jerawat

Di dalam kunyit terkandung anti bakteri dan anti septik, untuk itulah kunyit memiliki khasiat untuk mengurangi jerawat. Cara mengobati jerawat dengan kunyit pun tergolong mudah, yaitu dengan menjadikan kunyit sebagai masker. Cara membuat masker kunyit itu sendiri yaitu, campurkan bubuk kunyit dan bubuk cendana serta jus lemon. Aplikasikan masker kunyit ini pada wajah anda. Tunggu hingga mengering, kemudian cuci wajah menggunakan air bersih.

2. Mengatasi kulit berminyak

Selain berkhasiat untuk mengatasi jerawat, kunyit juga mampu mengontrol minyak berlebih pada wajah. Cara mengatasi kulit berminyak menggunakan kunyit sama halnya dengan mengatasi jerawat. Caranya yaitu, siapkan dua sendok makan bubuk kunyit dan 3 sendok makan air jeruk lemon. Kemudian campurkan bahan yang telah disediakn tersebut. Selanjutnya anda bisa aplikasikan pada wajah anda kurang lebih 15 menit, dan terakhir anda bisa mencuci wajah anda.

3. Menyamarkan kerutan wajah dan mencegah penuaan dini

Proses penuaan yang terjadi ternyata bisa diperlambat dengan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kunyit. Anda bisa membuat masker wajah dari campuran dua sendok kunyit, satu sendok makan sus, satu sendok makan jus tomat dan satu sendok makan tepung beras. Setelah menjadi masker kemudian aplikasikan pada wajah anda seperti pada umumnya, diamkan selama 20 menit dan akhiri dengan mencuci wajah.

4. Mengangkat sel kulit mati

Kandungan yang terdapat di dalam kunyit mampu mengangkat sel kulit yang telah mati tanpa membuat kulit teriritasi. Untuk mengangkat sel kulit mati anda bisa menggunakan scrub yang terbuat dari bubuk kunyit dan tepung yang terrbuat dari kacang chickpea

5. Meningkatkan warna kulit

Kunyit dapat meratakan warna kulit serta membuat kulit lebih cerah bercahaya. Ini merupakan alasan mengapa kunyit sering dijadikan lulur dan diterapkan pada calon pengantin sebelum pernikahan.

6. Mengatasi tumit pecah-pecah

Kunyit juga berkhasiat untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Untuk mengatasinya, sebelum tidur anda oleskan kunyit yang telah dicampur dengan minyak jarak atau minyak kelapa. Diamkan hingga keesokan harinya, lalu cuci kaki anda dengan air bersih. Dengan demikian otomatis tumit anda akan menjadi lebih halus.

7.Mengatasi pigmentasi

Kunyit memiliki kandungan antiseptik dan antiinflamasi. Kandungan tersebut selain mampu untuk mencegah timbulnya jerawat juga mampu untuk mengatasi pigmentasi pada kulit. Dalam mengatasinya anda bisa membuat campuran bubuk kunyit dengan jus timun. Kemudian Aplikasikan pada kulit, diamkan hingga 20-30 menit. Lakukan cara ini dengan rutin apabila ingin warna kulit kembali seperti semula dengan cepat.

Itulah khasiat kunyit untuk kecantikan kulit. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://bisikan.com