June 25, 2017

Unik Semangka Berbentuk Kotak Berasal dari Jepang

Unik Semangka Berbentuk Kotak Berasal dari Jepang

Katadia.com – Jepang memang tak akan pernah bisa dilepaskan begitu saja dari kata “inovatif” dan “kreatif”. Ya, masyarakat Jepang terbukti selalu menjadi trendsetter dari berbagai macam bidang, mulai dari bidang teknologi, fashion, otomotif, hingga pertanian. Bidang yang terakhir ini telah menyisakkan beberapa kisah unik yang sangat menarik untuk disimak. Ya, setelah beberapa saat yang lalu kita sempat membahas mengenai buah-buah unik yang salah satunya berasal dari Jepang (lemon bentuk segi lima), maka ada satu cerita yang tak kalah unik lagi yang juga berasal dari pertanian Jepang. Dan itu adalah semangka kotak. Ya, Anda tidak sedang salah membaca. Sebab beberapa waktu belakangan ini, Jepang telah memproduksi sebuah semangka kotak yang memiliki harga fantastis, yakni USD 100 atau setara dengan 1,1 juta rupiah.

 

Apa yang membuat semangka tersebut memiliki harga yang fantastis?

Foto-Semangka-Kotak

Buah semangka yang baru saja dikirim dari sebuah kota bernama Zentsuji, Jepang, ke berbagai belahan dunia tersebut memang bukanlah sembarang semangka. Sebab, untuk mendapatkan bentuk semangka yang tak biasa ini dibutuhkan waktu hingga 30 tahun lamanya. Wah? Lama juga ya? Hal tersebut disebabkan lantaran para petani yang tinggal di daerah Kagawa, Jepang, harus benar-benar memfokuskan diri untuk menciptakan dan mengembangkan semangka berbentuk unik tersebut.

Apabila Anda kebingungan mencari oleh-oleh yang pas saat tengah berada di Jepang, maka semangka kotak ini bisa menjadi pilihan yang tepat dan unik. Sebab, buah semangka ini banyak sekali diincar oleh para turis guna digunakan sebagai keperluan dekorasi. Namun sayangnya, Anda tidak dapat menikmati rasa manis yang terkandung dalam semangka ini, sebab buah dari semangka ini tidak dapat dimakan lantaran telah dipanen sebelum waktunya. Namun setidaknya, dunia telah mengetahui fakta baru mengenai tingkat kekereatifitasan masyarakat Jepang—khususnya para petani—yang tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja.

Bagaimana proses pembuatan semangka kotak ini?

Foto-Semangka-Kotak-2

Proses pembuatan semangka kotak ini ditunjang oleh sebuah kotak khusus yang digunakan untuk mengubah bentuk asli semangka yang bulat menjadi kotak. Kotak khusus tersebut akan “memaksa” semangka tumbuh menyesuaikan panjang dan lebar dari kotak khusus tersebut. Dengan begitu maka lambat laun semangka akan tumbuh mengikuti wadahnya. Di Jepang, produk ini kerap digunakan sebagai sebuah “tradisi” berkirim kado yang dinilai sebagai salah satu kado termewah di Jepang.

Uniknya, kemasyhuran namanya ternyata tak hanya ada di Negeri Sakura tersebut. Sebab, negara lain seperti Kanada pun ikut tertarik untuk membelinya. Tak tanggung-tanggung, mereka langsung memesan 100 buah semangka kotak sekaligus. Tak hanya Kanada, Negeri Tirai Besi, Rusia, pun juga tak mau kalah untuk berpartisipasi membeli semangka kotak ini. Bahkan, harga semangka kotak di Rusia bisa mencapai hampir sembilan kali lipat lebih mahal dari yang sudah dibanderol di Jepang. Di sana, satu buah semangka kotak dibanderol dengan harga USD 860 atau setara dengan 9 juta rupiah.

 

 

 

 

Sumber:

segiempat.com