June 27, 2017

Hilangkan Rasa Lemas saat Menstruasi agar Tidur Nyenyak

Hilangkan Rasa Lemas saat Menstruasi agar Tidur Nyenyak

Katadia.com –  Rasa lemas kerap kali dirasakan oleh wanita saat sedang menstruasi. Bagaimana cara untuk hilangkan rasa lemas saat menstruasi ini? Berikut ulasannya dari dr. Dewi Ema Anindia.

Menstruasi bisa menjadi hal yang kurang menyenangkan dalam kehidupan wanita. Pada beberapa wanita, keluhan selama menstruasi tidak akan mempengaruhi kehidupan mereka. Namun pada beberapa wanita lain, gangguan menstruasi dapat mempengaruhi kehidupan mereka hingga menggangu fungsi kehidupan. Hal ini akan muncul terutama saat timbul rasa lemas saat menstruasi.

Sebenarnya, cara apa yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan rasa lemas saat menstruasi ini?

1. Cara menghilangkan rasa lemas saat menstruasi yang pertama adalah dengan meningkatkan frekuensi makanan Anda. Saat Anda menstruasi, Anda bisa merubah pola makan Anda dari 3 porsi makanan besar dalam sehari, menjadi beberapa porsi lebih banyak dari porsi makanan yang biasa Anda makan dalam sehari. Meningkatkan porsi makanan Anda menjadi beberapa porsi lebih banyak, diikuti dengan meningkatkan frekuensi makan Anda beberapa kali dalam sehari ini bisa membantu menjaga tingkat energi Anda.

Selain itu, tingkatkan juga konsumsi protein saat Anda menstruasi. Anda bisa mendapatkan asupan protein dari makanan, seperti ikan dan ayam.

2. Cara menghilangkan rasa lemas saat menstruasi yang kedua adalah dengan mengonsumsi air putih. Konsumsilah air putih selama Anda masa menstruasi Anda untuk mencegah rasa lemas saat menstruasi. Selain itu, Anda juga harus menghindari minuman, seperti soda atau jus, yang mengandung banyak gula.

Dengan mengonsumsi cukup air putih, hidrasi tubuh Anda dapat terjaga dengan baik sehingga dapat mencegah terjadinya rasa lemas saat menstruasi oleh karena dehidrasi.

3. Cara hilangkan rasa lemas saat menstruasi yang ketiga adalah dengan menghindari konsumsi kopi dan alkohol saat Anda menstruasi. Pasalnya, substansi jenis ini bisa membuat Anda sulit tidur di malam hari, dan hal ini akan membuat Anda merasa lemas di siang hari.

Kopi hanya menghilangkan rasa lemas sesaat, namun bisa membuat Anda merasa lebih lemas setelah efek kopi tersebut hilang.

4. Cara hilangkan rasa lemas saat menstruasi yang keempat adalah dengan melakukan olahraga. Lakukanlah aktivitas fisik dalam bentuk olahraga ringan-sedang selama 20-30 menit dalam sehari. Hal ini sangatlah penting untuk membantu Anda tetap bergerak.

Selain itu, melakukan aktivitas fisik juga bisa membantu menambah energi yang Anda butuhkan untuk bisa tidur nyenyak di malam hari.

Sumber: Okezone.com