June 27, 2017

Tanpa Sadar, Ritual Kecantikan Anda Bisa Berakhir Petaka

Tanpa Sadar, Ritual Kecantikan Anda Bisa Berakhir Petaka

Katadia.com – Bukan rahasia lagi bahwa kunci untuk mendapatkan kulit serta rambut yang sehat dan cantik adalah ritual kecantikan yang tepat.

Menjalankan perawatan kecantikan dengan penuh komitmen bisa saja mudah dilakukan, tapi siapa sangka kebiasaan-kebiasaan tersebut malah bisa merusak kulit dalam jangka panjang.

Mengutip  Hello! Magazine, ada beberapa ritual kecantikan yang sering Anda lakukan tapi memberikan dampak buruk bagi kondisi kulit Anda. Berikut uraiannya:

1. Tidak menghapus riasan sebelum tidur
Terkadang Anda terlalu lelah untuk membersihkan riasan yang masih melekat pada wajah sehingga Anda memilih untuk langsung tidur tanpa menghapus riasan. Namun, kebiasaan ini akan menyebabkan iritasi hingga munculnya jerawat.

2. Memotong kutikel kuku
Kutikel pada kuku berfungsi melindungi Anda dari infeksi, sehingga memotongnya malah akan membuat Anda terekspos pada bakteri. Pakar seni hias kuku selebriti, Glenis Baptiste, menyarankan Anda mengaplikasikan minyak kutikel. “Selain itu, basahi dan rendam kutikel ketika mandi sehingga tetap lembut. Kemudian, dorong kembali secara lembut dengan cuticle stick,  lalu pijat dengan krim kutikel,” jelasnya.

3. Menggosok kulit terlalu kuat
Melakukan scrubbing pada kulit wajah dan tubuh adalah cara yang efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus membuat kulit lebih bersih dan bercahaya. Namun, bila Anda menggosok terlalu kuat, Anda malah membuat kulit Anda menjadi terlalu sensitif.

4. Telalu sering mencukur rambut tubuh
Untuk menjaga kebersihan sekaligus meningkatkan kepercayaan diri, wanita seringkali mencukur rambut pada tubuh. Namun, bila dilakukan terlalu sering, rambut akan tumbuh lebih tebal dan kasar. Pasalnya, pisau cukur tidak mencabut hingga akar dan terkadang malah membuat kulit sensitif. Solusinya, pilihlah perawatan berupa waxingatau laser hair removal.

5. Memainkan, memuntir, dan mengeritingkan rambut
Memainkan dan memuntir-muntir rambut merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh banyak wanita. Namun, siapa sangka kebiasaan ini malah menimbulkan petaka. Memuntir rambut dapat membuat rambut mudah rapuh. Selain itu, berhati-hatilah ketika menyentuh rambut yang masuh basah karena cenderung lebih rapuh dan mudah rontok.

Sumber : http://female.kompas.com