June 28, 2017

5 Tipe Teman Kantor yang Perlu Diwaspadai

5 Tipe Teman Kantor yang Perlu Diwaspadai

Katadia.com – Sebagai karyawan baru di kantor, Anda akan berjumpa dengan macam-macam karakter teman kantor baru, mulai dari yang ramah, judes, sampai ajaib. Hampir di setiap perusahaan Anda akan bertemu dengan ‘Teman Sekantor Beracun’ (Toxic Coworker).

Meski begitu, jangan dijauhi. Anda tetap harus berteman dengan mereka karena suatu saat Anda pasti akan perlu jasanya. Hal yang penting adalah mengelola hubungan dengan teman-teman sekantor tersebut. Untuk itu, kenali beberapa jenis teman kantor dan cara menghadapinya.

1. Politisi

Teman jenis ini senang mengonsumsi office politic atau politik kantor untuk mengamankan jabatan atau proyek yang diincarnya. Cara menghadapinya, jika atasan Anda seorang egomaniak, maka Anda harus bekerja keras sebab ‘Politisi’ suka menjilat kepada atasan. 

2. Si Bingungan

Dia agak egomaniak. Tipe orang seperti ini biasanya lamban dalam membuat keputusan. Kalau terjadi masalah, alih-alih mencari solusi dia akan melempar kesalahan kepada orang lain. Cara Menghadapinya, dorong dia untuk membuat keputusan.

3. Pengejar Deadline

Mereka adalah tipe orang yang memiliki energi negatif dan termotivasi di saat krisis. Mereka suka menunda pekerjaan hingga batas tenggat waktu. Cara menghadapinya, majukan batas tenggat waktu dari semestinya sehingga Anda tidak akan pusing dikejar deadline.

4. Biang Gosip

Tipe teman penyebar gosip sering dijumpai di kantor mana pun. Tipe teman seperti ini punya banyak informasi seputar gosip atau rumor di kantor. Cara Menghadapinya, Tutup mulut rapat-rapat atau saring informasi yang akan Anda ceritakan kepada si tukang gosip.

5. Perayu

Dia suka bersikap pura-pura baik, tapi sebenarnya di balik sikap ramahnya itu ada maunya. Cara Menghadapinya, tetap jaga hubungan kerja sesuai profesional. Jaga jarak dengannya.

Sumber : Okezone.com