June 28, 2017

Inilah Masjid Paling Sejuk di Dunia, Dengan Suhu Minus 50 Derajat

Inilah Masjid Paling Sejuk di Dunia, Dengan Suhu Minus 50 Derajat

Katadia.com –¬†Memiliki suhu di bawah minus 50 derajat celcius, Masjid Nurd Kamal yang terletak di Norilsk Rusia tersohor bukan karena kaligrafi atau arsitektur bangunannya. Masjid ini memiliki cuaca sejuk yang luar biasa.

Kondisi akan semakin sejuk saat musim dingin tiba. Salju akan menutupi seluruh atapnya. Masjid ini merupakan salah satu bangunan terindah di Norilsk dengan dinding berwarna hijau dan kubah berlapis warna emas.

Masjid didirikan pada tahun 1998 oleh Mukhtad Bekmeyev, seorang warga Norilsk dari etnis Tatar, yang tinggal di wilayah Laut Hitam Sochi, berjarak 4.000 km dari masjid tersebut.

Meski begitu, Masjid Nurd Kamal belum terlalu populer di kalangan turis atau traveler karena letaknya di kawasan paling utara Rusia. Di Norilsk sendiri ada sekitar 50.000 warga muslim. Jumlah tersebut hanyalah seperempat dari keseluruhan penduduk Rusia yakni 210.000.

Sebagian besar wilayah Norilsk dihuni oleh warga Azerbaijan dan Republik Russia Dagestan yang bekerja sebagai pedagang atau pekerja bangunan. Jumlah populasi penduduk di wilayah tersebut kini semakin menurun karena Norilsk membatasi akses bagi orang asing.

(Sumber: Mynewshub.cc)-Dream.co.id