June 28, 2017

Virus Kini Banyak Menempel di Sosial Media

Virus Kini Banyak Menempel di Sosial Media

katadia.com – Saat sosial media menjadi begitu berpengaruh, para hacker kini beralih untuk membuat dan menjual pengesahan diri seperti ‘like’ dan ‘follower’ di Instagram, Facebook, Twitter, Linkedln dan lainnya. Dalam dunia ‘cyber fraud’, fan palsu di Instagram bisa lebih buruk 5 kali lipat dibanding pencurian nomor kartu kredit.

Menurut RSA (perusahaan analis dunia cyber), bila dulu hacker mencari cara untuk mencuri data di kartu kredit (dikenal dengan nama Zeus), kini mereka memodifikasi keahliannya untuk membuat semacam ‘like’ dan ‘follower’ tersebut untuk perusahaan atau perseorangan. Semacam ‘like’ dan ‘follower’ palsu ini demikian banyak dijual di forum hacker. Menurut data RSA, 1000 ‘follower’ dijual $15, 1000 ‘like’ instagram dijual $30 dan 1000 nomor kartu kredit dijual cuma $6.

Akun sosial media dengan aktifitas palsu lebih berharga dibanding nomor kartu kredit sebab menurut pakar online marketing, kini banyak perusahaan yang menggunakan trik ini untuk popularitas bisnis atau untuk meramaikan produk terbarunya. Dari informasi ini maknanya kita harus lebih berhati-hati dalam mempercayai apa yang ada di sosial media, mungkin.