June 27, 2017

Boneka Jerman yang Jadi Inspirasi, Mirip Sama Aslinya Bild Lilli

Boneka Jerman yang Jadi Inspirasi, Mirip Sama Aslinya Bild Lilli

Katadia.com – Kenalkan, ini Bild Lilli Doll. Boneka dengan sosok seksi ini merupakan inspirasi di balik Barbie. Barbie edisi perdana bahkan tampak benar-benar persis dengan Lilli.
Barbie merupakan boneka fashion terpopuler di dunia. Menurut History, ikon Mattel ini tercatat sebagai boneka dengan sosok dewasa pertama yang diproduksi secara massal di Amerika Serikat. Barbie merupakan ide dari Ruth Handler, pendiri Mattel. Handler memberikan nama kecil putrinya, Barbara untuk boneka tersebut.

Namun inspirasi sesungguhnya dibalik Barbie adalah Bild Lilli. Boneka fashion asal Jerman ini diproduksi sejak tahun 1955 sampai 1964 sebelum akhirnya dibeli oleh Mattel.

Sekadar kartun iseng untuk memenuhi halaman kosong

Awalnya, Lilli adalah karakter komik yang muncul secara berseri di tabloid Bild-Zeitung. Kreatornya adalah Reinhard Beuthien. Beuthien menggambar kartun wanita sensual ini hanya untuk mengisi kolom yang kosong di halaman koran.

Beuthien lebih memilih menggambar bayi, tetapi bosnya tidak menyukai gambar itu. Lantas Beuthien mengganti tubuh gambar bayi itu dengan sosok wanita dewasa yang penuh lekuk, rambut panjang bergaya ekor kuda, dan mengenakan sepatu berhak tinggi. Beuthien menamainya Lilli.
Lilli merupakan cerminan wanita berjiwa modern pada tahun 1950-an. Lilli digambarkan sebagai seorang sekretaris yang memiliki pikiran bebas dan mencintai gaya hidup hedonis. Lilli kerap melemparkan komentar sinis namun bernada humor. Rupanya, kartun itu disukai semua orang.

Boneka fashion terpopuler di dunia sebelum Barbie

Menyusul kepopuleran Lilli, Bild-Zeitung memutuskan untuk memproduksi bonekanya pada tahun 1953. Max Weissbrodt dari O&M Hausser diminta untuk mendesain Lilli berdasarkan gambar Beuthien.

Ketika Lilli mulai dipasarkan pada tahun 1955, boneka ini langsung laris manis di pasaran. Penampilan Lilli yang modis membuatnya jadi idola anak perempuan di Jerman. Boneka ini bahkan sampai dipasarkan di negara-negara tetangga.

Ketika Ruth Handler bertamasya ke Eropa, dia membeli beberapa buah Bild Lilli untuk dibawa pulang ke Amerika Serikat. Saat itu Handler sudah memiliki gagasan untuk memproduksi boneka fashion sendiri. Handler pun menjadikan Lilli sebagai model untuk boneka Barbie yang pertama.

Setelah berhasil meluncurkan Barbie, Mattel kemudian membeli hak atas boneka Lilli. Lilli pun diproduksi dan dipasarkan dengan label Barbie.

Hingga saat ini, 130.000 boneka Lilli orisinal telah diproduksi. Sekarang boneka ini termasuk barang koleksi langka. Satu boneka saja bisa dihargai ribuan Euro.

(Merdeka)