June 26, 2017

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

katadia.com – Kelapa merupakan tanaman yang multi fungsi. Dari akar, pohon, buah, daun muda, daun tua, semua berfungsi bagi kehidupan kita. Akar bisa berfungsi sebagai kayu bakar,  pohon kelapa untuk bahan bangunan, daun muda (janur kuning) bisa untuk ketupat atau hiasan dekorasi, daun tua untuk bahan bakar, lidinya untuk sapu, buahnya apalagi ada 1001 manfaatnya.

Manfaat Air Kelapa

Manfaat Air kelapa Bagi kehidupan kita sangat berlimpah, simak terus sampai habis, artikel ini dikutip dari okezone, spesial untuk Anda yang selalu ingin berubah dan berperilaku hidup sehat.

Kandungan Air kelapa ada 2 macam yaitu mikro dan makro .
Unsur makro yang terdapat dalam air kelapa adalah karbon dan nitrogen.
Unsur karbonnya berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain.
Unsur nitrogennya berupa protein yang tersusun dari asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi.
Unsur Mikro Air kelapa yaitu mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral tersebut, antara lain, kalium (K), natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P), dan sulfur (S). Kandungan mineral dalam air kelapa dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Tak heran, setelah orang minum air kelapa muda, tubuhnya kembali segar.
Sedangkan kandungan vitamin Air kelapa antara lain, vitamin C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin, yang dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Kandung gula dalam air kelapa (bervariasi antara 1,7-2,6 persen) dan protein (0,07-0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian, air kelapa dijadikan bahan baku produk pangan.
Secara detail Air kelapa bermanfaat  untuk berbagai keperluan kita antara lain :
Air kelapa bikin rambut bayi hitam
Kandungan zat besi dan asam folat yang dibutuhkan ibu hamil. Jadi, minuman ini sangat baik untuk ibu hamil dan menyusui.
Bisa lancarkan haid
Secara logika, ketika wanita haid memang kehilangan banyak cairan yang rata-rata mencapai 500 cc per hari. Sedangkan jumlah itu di luar keringat yang dikeluarkan yang bisa mencapai 2 liter per hari. Secara otomatis wanita haid membutuhkan tambahan cairan, baik dari air kelapa atau cairan lainnya. Yang pasti  wanita sangat membutuhkan pengganti cairan saat haid.
Mencegah dari kelebihan berat badan
Karena Air kelapa bergizi dan sehat bagi tubuh karena rendah lemak dan kalori. So akan mencegah tubuh dari kelebihan berat badan.
Membantu dari peradangan dan keasaman
Karena air kelapa mengandung asam laurat  yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran. Meminum segelas air kelapa sehari sekali dan dalam proses pencernaan akan memberikan bantuan dari peradangan dan keasaman.
Pengganti cairan tubuh
Dikenal sebagai minuman isotonik karena merehidrasi tubuh. Minumlah air kelapa muda 2 sampai 3 gelas air kelapa saat tubuh sedang dehidrasi.
Minuman terbaik bagi penderita jantung dan diabetes
Karena air kelapa rendah gula sehingga menjadi minuman bergizi bagi pasien jantung dan diabetes.
Meningkatkan Metabolisme tubuh dan meredakan rasa lelah
Karena kandungan energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Sehingga pada sistem pencernaan seperti membersihkan racun dari tubuh.
Membantu kesehatan Ginjal dan batu uretra
Karena Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Dan ini tentu saja hanya berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra.
Membantu menanggulangi kerontokan  rambut
karena air kelapa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
Membantu membersihkan kulit yang berjerawat.
Ada baiknya setelah kita mengetahui lebih lanjut tentang Manfaat Air kelapa, semoga semakin memberikan inspirasi bagi kita untuk menjadikan Air Kelapa sebagai minuman alami yang wajib kita minum sesering mungkin sebagai perwujudan perilaku atau gaya hidup sehat.