June 28, 2017

Gua Vertikal yang Berada di Vietnam Ternyata Terbesar di Dunia

Gua Vertikal yang Berada di Vietnam Ternyata Terbesar di Dunia

Katadia.com – Gua vertikal yang berada di tengah hutan ini ditemukan oleh seorang petani bernama Ho Khanh pada tahun 1991. Hingga akhirnya pada tahun 2009 sebuah asosiasi penelitian gua dari Inggris pun mengekplorasi gua vertikal ini. Gua vertikal ini menjadi salah satu gua yang paling menawan yang pernah diteliti.

Pada tahun 2014 akhirnya gua selesai diteliti hingga ke pelosok paling dalam. Bayangkan saja betapa luasnya area di dalam gua ini. Panjang ruangannya saja mencapai lima kilometer. Ketinggiannya diperkirakan sekitar 200 meter dan lebarnya diperkirakan sekitar 150 meter seperti dilansir dari cave.photography.

Gua vertikal terbesar di dunia ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2014. Pada saat itu pemeritah setempat telah memberikan izin pada operator wisata untuk mengajak wisatawan menjelajahi keindahan gua bertikal yang dinamakan Hang Son Doong. Sejak saat itu, tercatat sudah ada 900 orang yang menjelajahi keindahan gua vertikal terbesar di dunia ini.

 

 
Tak mudah memang untuk mencapai gua Hang Son Doong, namun Anda akan dibawa bak ke negeri dongeng. Pintu masuk gua Hang Son Doong ternyata merupakan gua  terbesar ketiga di dunia gua Hang En. Gua Hang En ternyata merupakan tempat syuting film Peter Pan. Tempatnya sangat indah karena terdapat sungai di dalamnya. Bahkan bisa sambil mendirikan tenda dan bermalam di dalamnya.

Uniknya lantai gua Hang En ini memiliki dataran yang berpasir seperti di pantai. Ditambah lagi terdapat dua kolam alami yang bisa dijadikan sumber air serta kolam renang alami. Benar-benar tempat yang sangat cocok untuk mengasingkan diri dan melepaskan penat sesaat dari kesibukan kerja di pusat kota.

Perjalanan menuju gua Hang Son Doong hampir memakan waktu setengah hari menembus hutan yang indah. Pepohonan lebat masih berdiri dan terlihat sangat alami. Bahkan sekelompok kupu-kupu yang beterbangan akan sangat mudah dijumpai di hutan lebat ini

 

 
Benar, karena gua Hang Son Doong merupakan gua vertikal, setiap wisatawan yang hendak masuk ke dalamnya harus turun dengan menggunakan tali pengaman. Tingginya kira-kira sekitar 80 meter dengan medan yang curam. Butuh pengawasan dan panduan para profesional berlisensi untuk bisa memasukinya.

Salah satu keindahan gua vertikal adalah di saat cahaya matahari masuk ke dalam gua sehingga menimbulkan berkas cahaya yang sangat indah untuk diabadikan dengan kamera. Untuk Anda yang akan berwisata ke Vietnam jangan lupa untuk menyempatkan dini ke tempat ini.

 

(Liputan6)