June 27, 2017

Curhat Komunitas Tumblr Indonesia Atas Rencana Pemblokiran

Curhat Komunitas Tumblr Indonesia Atas Rencana Pemblokiran

katadia.com – Kabar pemblokiran situs micro blogging, Tumblr, oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mendapat penolakan dari sejumlah kalangan.

Salah satunya Komunitas Tumblr Indonesia yang menilai, pemblokiran tersebut dapat mematikan kreativitas dan rezekinya. Rudy Sofiyen, founder Komunitas Tumblr Indonesia, mengaku sangat terpukul atas rumor pemblokiran.

“Lima tahun saya dirikan komunitas ini, dengar berita ini sumpah saya nangis,” kata rudy melalui pesan singkat, Kamis (18/2/2016).

Dia menjelaskan, Komunitas Tumblr Indonesia sudah berdiri dari 21 Desember 2010, dan sejak saat itu Tumblr menjadi wadah konkret positif bagi seluruh user Tumblr di Indonesia yang bersifat persaudaraan dan kebersamaan.

“kami sangat terpukul karena pemerintah banyak liat konten negatif daripada konten karya anak bangsanya,” tulisnya.

Hingga saat ini, anggota komunitas ini mencapai 10 ribu. Para anggotanya mempunyai macam-macam tujuan, mulai menggunakan Tumblr sebagai media jual beli hingga memamerkan karya sastra. Tidak sedikit, tumblogger yang menjadikan tulisannya sebagai karyanya dan telah dijadikan buku.

Sebut saja Kurniawan Gunadi yang melahirkan buku “Hujan Matahari dan Lautan Langit”, kemudian Prawita Mutia dengan karyanya “Teman Imaji.”

“Tumblr adalah kanvas terbaik untuk berkarya. Para anggota komunitas ini akan tetap berkarya melalui platform Tumblr yang sudah dianggap sebagai rumah kedua mereka,” tegasnya.

sumber:okezone