June 27, 2017

Canggih, Kamera 360 Derajat Ini Digunakan untuk Upacara HUT RI Istana

Canggih, Kamera 360 Derajat Ini Digunakan untuk Upacara HUT RI Istana

Katadia.com –¬†Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI baru saja digelar di Istana Negara pada Rabu (17/8). Tak seperti biasa, acara tersebut bisa disaksikan di YouTube secara live.

Menariknya, acara itu disiarkan dengan teknologi kamera 360 derajat. Teknologi ini memungkinkan penonton bisa melihat dari berbagai sudut pandang. Penonton cukup menggulir layar YouTube ke kanan, kiri, atas atau bawah untuk mengganti sudut pandang.

Perwakilan Google Indonesia, Putri Silalahi, mengungkapkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan komunitas video Layaria. “Kami pakai kamera 360 derajat, lalu kami encode dan kami stream ke kanal YouTube Pak Jokowi,” ungkap Yudhie Fardhani dari Layaria dilansir dari Kompas.

Yudhie menerangkan pihaknya memakai alat rekam yang relatif sederhana. Untuk siaran di Monas dan Istana, mereka menggunakan kamera Theta dari Ricoh. Kamera ini digunakan karena relatif murah yaitu USD 350 atau setara Rp 4,6 juta.

Sebanyak tiga unit Ricoh Theta diposisikan di tiga titik berbeda di kedua lokasi. Sementara itu, fitur live stream 360 derajat sendiri sudah diluncurkan oleh YouTube pada April lalu.

Sumber : Wowkeren.com