June 26, 2017

Jus Sehat Untuk Ibu Hamil

Jus Sehat Untuk Ibu Hamil

Katadia.com – Semua sepakat ketika hamil memerlukan konsumsi makanan dan minuman yang sehat. Sebagian ibu hamil malah salah mengartikan asupan makanan ketika hamil, bukan berarti ibu hamil harus mengkonsumsi dengan jumlah yang lebih besar. Makan dan minuman sehat bisa diperoleh dari bahan pilihan yang mengandung nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu selama hamil.

Meskipun selama kehamilanĀ seringkali ibu hamil mengeluhkan kondisi yang menghambatnya ketika mengkonsumsi makanan. Kondisi pusing, mual, muntah, morning sickness ataupun bau terhadap makanan tertentu. Nah, untuk tetap menjaga asupan makanan dan minuman sehat selama kehamilan. Kini anda dapat mengkonsumsi jus dari bahan- bahan yang bermanfaat untuk ibu hamil. Jus olahan sendiri bisa disesuaikan dengan selera anda, berasal dari bahan pilihan, tentunya lebih bersih dan steril.

Berikut ini adalah jus sehat yang dapat menjadi pilihan ibu hamil :

1. Jus Pepaya dan Mangga

Campuran kedua buah yang mengandung karbohidrat dan enzim yang tinggi baik untuk ibu hamil. Kandungannya dapat menanggulangi peradangan, pembengkakan atau gangguan pencernaan ataupun demam. Khasiat dari buah mangga untuk ibu hamil untuk mengurangi dehidrasi dan juga melancarkan peredaran darah. Sedangkan buah pepaya dapat melancarkan pencernaan.

2. Jus Alpukat

Kandungan buah alpukat sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan ibu hamil, karbohidrat dan lemak yang baik untuk menambah energi ibuĀ  hamil, selain itu kandungan protein dapat melengkapi kebutuhan nutrisi harian anda. Belum lagi kandungan potasium, vitamin K, vitamin C dan vitamin B yang baik untuk tumbuh kembang janin.

3. Jus Apel dan saledri

Ibu hamil seringkali mengalami masalah kesehatan. Salah satunya adalah gangguan tidur selama hamil, untuk mengatasinya maka dapat membuat campuran jus apel dan saledri. Selain itu kandungan pektin di dalam buah apel akan membantu anda dalam mengatasi kadar kolestrol yang menggangu fungsi jantung.

4. Jus Wortel

Ibu hamil dapat mengkonsumsi jus wortel di siang pagi atau sore hari. Wortel akan memberikan energi untuk ibu hamil, menngurangi letih dan lesu, mengurangi kadar gula darah dan juga mencegah terjadinya preeklamsia.

5. Jus bayam

Taukah anda bahwa sayuran bayam sangat baik untuk ibu hamil karena kandungan vitamin K yang terdapat di dalam sayuran bayam lebih besar dibandingkan sayuran hijau lainnya. Selain itu bayam mengandung vitamin C, vitamin A, asam folat, zat besi, vitamin B dan magnesium yang baik untuk kesehatan selama hamil.

6. Jus Timun

Anda dapat memilih jus timun yang segar di siang hari. Jus timun dapat mengatasi sakit punggung, gangguan kulit selama hamil ataupun kram otot. Kandungan silicat akan membantu ibu hamil untuk menjaga jaringan otot, ligamen,peningkatan corak kulit, kuku, rambut dan tulang rawan.

7. Jus pear

Buah pear memiliki khasiat untuk ibu hamil dalam mengatasi rasa tidak enak perut yang disebabkan karena kadar asam yang berlebihan. Anda juga dapat membuat campuran jus diantaranya dari buah pear, jeruk nipis dan buah apel.

Dengan demikian bagi anda yang bosan dengan beberapa buah-buahan yang dikonsumsi langsung. Anda dapat membuat jus atau smootie (campuran susu) sehingga lebih memiliki variasi rasa. Campuran dari buah-buahan akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Sumber : http://bidanku.com