June 27, 2017

Tiffany SNSD Tuai Hujatan Karena Pakai Bendera Jepang di HUT Kemerdekaan Korea

Tiffany SNSD Tuai Hujatan Karena Pakai Bendera Jepang di HUT Kemerdekaan Korea

Katadia.com – Sebagai seorang publik figur, Tiffany Girls’ Generation tampaknya memang harus berhati-hati dengan apa yang ia unggah dan tulis di Instagram. Salah sedikit saja, ia bisa menerima hujatan dari netizen.

Inilah yang dialami Tiffany saat mengunggah foto aktifitasnya di tengah konser SM Town di Tokyo, Jepang. Alih-alih mendapat pujian, foto Tiffany itu malah membuatnya menerima kritikan pedas.

Rupanya secara tak sadar Tiffany memakai emoticon bendera Jepang di komentar yang ditulisnya di Instagram. Saat itu ia mengunggah fotonya bersama Sooyoung dan Kwon Yuri di Jepang.

Tiffany menuliskan kata “babes” beserta emoticon hati dan bendera Jepang. Meskipun tak memiliki maksud apapun, emoticon bendera Jepang yang dipakai Tiffany langsung menuai hujatan. Pasalnya, postingan Tiffany itu bertepatan dengan perayaan HUT kemerdekaan Korea Selatan yang jatuh pada 15 Agustus.

Walaupun Tiffany hanya ingin menunjukkan saat ini ia tengah berada di Jepang, netizen tetap tak terima. Netizen menilai Tiffany tidak sensitif dan tak memikirkan bahwa Korea Selatan merupakan negara yang dulunya dijajah oleh Jepang.

Banyak netizen yang marah dengan emoticon bendera Jepang tersebut. Saat ini Tiffany pun akhirnya menghapus emoticon itu. Sayangnya, kritikan yang diterima Tiffany malah menjadi semakin parah.

Karena ternyata, melalui akun Snapchatnya Tiffany menuliskan caption “Tokyo Japan” dengan huruf bercorak matahari terbit. Lagi-lagi aksi Tiffany ini dinilai menunjukkan ketidakpeduliannya terhadap perjuangan masyarakat Korea di penjajahan.

Netizen berdalih jika aksi Tiffany ini dilakukan di hari biasa maka tak ada masalah. Namun aksinya ini malah dilakukan saat perayaan HUT kemerdekaan Korea Selatan.

“Mungkin ini terdengar biasa tapi kalau di Korea apa yang dia lakukan itu sangat berarti,” komentar seorang netizen. “Itu adalah sebuah kesalahan besar, lambang itu mengingatkan penjajahan yang dilakukan Jepang pada Korea,” komentar netter yang lain. “Tiffany harus meminta maaf karena ini,” komentar netter lainnya.

Meski menuai hujatan, sejumlah netizen tetap membela Tiffany dan mengatakan aksinya ini tak perlu dibesar-besarkan. “Mungkin saja Tiffany lupa,” bela netizen. “Orang-orang terlalu melebih-lebihkan, dia kan ada di Jepang wajar saja dia pakai emoticon bendera Jepang,” bela netter lainnya. (

(WowKeren)