June 28, 2017

Obesitas Memperpendek Harapan Hidup

Obesitas Memperpendek Harapan Hidup

Katadia.com – Setiap dokter memang telah mengenali setiap risiko dari obesitas, namun studi baru menunjukan, obesitas dapat memperpendek harapan hidup selama 10 tahun.

Dalam penelitian dilakukan di The Lancet, sebuah jurnal medis menunjukan data dari 4 juta orang dewasa non-perokok, dari 32 negara, di tahun 1970-2015.

Berdasarkan data tersebut, para ahli menemukan bahwa orang dengan kelebihan berat badan, akan kehilangan harapan hidupnya selama 1 tahun, sementara orang dengan obesitas, akan kehilangan 3 tahun harapan hidup mereka.

Dilansir dari VOA, Emanuele Di Angelantonio dari University of Cambridge, penulis dalam studi tersebut mengatakan, bahwa sangat gemuk dapat membuat kita kehilangan harapan hidup selama 10 tahun.

Penelitian mengungkapkan bahwa menjadi gemuk lebih berbahaya bagi laki-laki ketimbang perempuan. Karena terlalu gemuknya seseorang (obesitas) seringkali dikaitkan dengan berbagai macam penyakit, seperti jantung, stroke dan juga kanker.

Para penulis mengatakan, sangat sulit bagi setiap orang untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya, namun penurunan berat badan dapat lebih mudah dilakukan saat kita berada di usia pertengahan, ketimbang nanti apabila kita sudah berusia lanjut.

Sumber: okezone.com