June 26, 2017

Keren! Minum Kopi di Aceh Terbalik

Keren! Minum Kopi di Aceh Terbalik

Katadia.com – Menyeruput kopi dari gelas sudah biasa. Cobalah menikmatinya dengan cara unik yakni menggunakan sedotan dan gelas yang terbalik.

Modernisasi tak membuat unsur tradisional kemudian menjadi kuno dan ditinggalkan. Justru teknik tradisional jadi sesuatu yang etnik, klasik dan juga unik. Salah satunya adalah tradisi minum kopi khop atau kopi terbalik di Aceh.

Cara menyeruput kopi ini unik pasalnya kopi yang baru diseduh kemudian diberi alas piring dan dibalikkan hingga gelasnya tertelungkup namun kopi tidak tumpah. Masyarakat Aceh biasa menyebutnya khupi khop, yang artinya adalah kopi terbalik.

Aan Risnanda Vahlevi, salah satu pemilik kedai khupi khop di Banda Aceh mengatakan teknik menyeduh dan minun kopi ini merupakan tradisi minum kopi khas dari Meulaboh yang kemudian diperkenalkan ke Aceh Besar.

“Ini sudah lama dan aslinya dari Meulaboh, kami sengaja bawa ke Aceh Besar supaya masyarakat lebih kenal kopi khop secara luas” kata pria yang akrab disapa Aan ini kepada Okezone, Kamis (12/5/2016).

Aan juga menjelaskan kopi yang digunakan adalah jenis kopi robusta yang digiling kasar kemudian diseduh.

Bukan seperti arabika yang diminum tanpa campuran apapun, kopi khop ini biasanya disajikan dengan tambahan gula atau susu kental manis.

Cara meminumnya juga unik, setiap memesan kopi khop pembeli diberi satu sedotan yang bisa digunakan untuk menyeruput kopi. Kopi yang bisa diminum adalah yang sudah mengalir ke piring dan bukan kopi yang masih ada di dalam gelas.

Untuk mengeluarkan kopi di dalam gelas Anda bisa meniupnya perlahan maka air kopi akan keluar ke piring. Unik.

Untuk menikmati kopi ini, Anda tak perlu merogoh kantong dalam-dalam pasalnya kopi ini dibanderol hanya dengan Rp5 ribu hingga Rp8 ribu per gelasnya.

Sumber: okezone.com