June 24, 2017

Jaga Postur Badan Usai Lebaran

Jaga Postur Badan Usai Lebaran

katadia.com – Aneka makanan enak saat Lebaran menjadi godaan tersendiri bagi beberapa orang yang sedang berupaya menurunkan berat badan. Karena ingin mencicip semua makanan, akhirnya kalap saat makan. Godaan makanan enak pun kembali datang saat halal bihalal. Jika tidak bisa mengendalikan diri mengerem keinginan makan, maka bisa jadi badan kian melar.

Tradisi ‘halal bihalal’ yang konon hanya ada di Indonesia biasanya diisi dengan makan-makan. Tentunya sambil merayakan momen kumpul-kumpul dengan kolega maupun teman sekantor sembari bermaaf-maafan sepulang dari kampung halaman masing-masing.

Praktisi kesehatan dari Universitas Indonesia, dr Ari Fahrial Syam, SpPD kembali mengingatkan risiko peningkatan berat badan pada momen tersebut. Terlebih bagi orang-orang yang selama puasa dan merayakan Lebaran tidak berhasil mengontrol pola makan.

Bagi dr Ari, cara mengetahui sukses atau tidaknya seseorang dalam berpuasa adalah dengan alat timbang. Bila berat badan turun, berarti orang tersebut telah berpuasa sesuai anjuran dalam arti benar-benar mengendalikan diri termasuk dalam urusan makan.

Sebaliknya jika berat badan malah bertambah, berarti orang tersebut tidak bisa menahan godaan berupa makanan enak yang memang banyak tersaji selama Ramadan hingga Hari Lebaran. Karena puasanya tidak sukses, orang tersebut juga tidak mendapatkan manfaat sehatnya.

“Dampak kita mengurangi makan, radikal bebas yang bersifat ‘racun’ akan menurun dan sebaliknya anti oksidan (anti racun) dalam tubuh kita akan meningkat,” kata dr Ari dalam emailnya untuk wartawan seperti ditulis pada Senin (12/8/2013).

Terkait dengan tradisi ‘Halal Bihalal’ pada minggu-minggu pertama usai Lebaran, dr Ari kembali mengingatkan pentingnya mengontrol pola makan. Jika gagal mengontrol pola makan di Bulan Ramadan dan perayaan Lebaran, ia mengingatkan untuk tidak gagal di momen ‘Halal Bihalal’.

“Masih ada waktu untuk memperbaiki dan menahan diri untuk tidak berlebih-lebihan dalam menkonsumsi makan dan minum. Godaan cukup besar di hari Lebaran dan kita dianjurkan untuk puasa sunah Syawal sebagai upaya agar kita bisa tetap menjaga untuk selalu mengendalikan diri,” pesan dr Ari.

Sumber: Populerkan