June 27, 2017

Tidak Sengaja Menelan Biji Semangka? Tenang Bijnya Punya Manfaat untuk Tubuh

Tidak Sengaja Menelan Biji Semangka? Tenang Bijnya Punya Manfaat untuk Tubuh

Katadia.com – Di musim kemarau yang cukup panas ini, buah semangka sepertinya menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi dahaga di bawah teriknya matahari. Buah semangka memang merupakan salah satu buah yang dapat membuat tubuh jadi segar karena memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Bahkan selain itu buah semangka pun sangat menyehatkan.

Buah semangka memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi, seperti niasin, folat, tiamin, fosfor, seng, besi, kalium, magnesium, antioksidan dan mangan sehingga semangka menjadi buah yang sangat menyehatkan khususnya kesehatan pencernaan dan kesehatan darah. Hanya saja dibalik buahnya yang manis dan menyegarkan buah semangka mungkin tidak banyak digemari. Pasalnya semangka memang memiliki banyak biji-biji kecil yang kadang membuat kita kerepotan saat memakannya. Bahkan mungkin Anda salah satu yang cukup sering menelan biji semangka tanpa sengaja.

Nah, apakah menelan biji semangka berbahaya? Menurut pakar seperti yang dilansir salah satu media, Anda tidak perlu khawatir saat tanpa sengaja menelan biji semangka karena biji semangka punya manfaat sehat untuk tubuh. Apa saja manfaat biji semangka untuk tubuh?

MENYEHATKAN IMUN

Biji semangka memiliki kandungan magnesium, kandungan tersebut sangat baik untuk mendukung kesehatan imun atau kekebalan tubuh secara keseluruhan.

MENINGKATKAN METABOLISME TUBUH

Biji semangka juga mengandung asam amino dan senyawa airginine. Kandungan tersebut memiliki manfaat penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

MENINGKATKAN LIBIDO

Kecil-kecil jagoan, ini mungkin pas untuk biji semangka. Pasalnya biji semangka yang memiliki kandungan lycopene ternyata bermanfaat untuk meningkatkan libido pria.

MENCEGAH PENUAAN DINI

Antioksidan merupakan senyawa yang berperan penting untuk mencegah penuaan dan menjaga kesehatan kulit. Nah, senyawa tersebutlah yang juga terdapat pada biji semangka sehingga tentu bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

Senyawa airginine ternyata tidak hanya bermanfaat untuk metabolisme tubuh, tapi senyawa tersebut juga punya manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

MENYEHATKAN DAN MENURUNKAN RISIKO SERANGAN JANTUNG

Magnesium menjadi salah satu senyawa yang terdapat di dalam biji semangka. Kandungan tersebut penting untuk kekebalan tubuh, tapi selain itu magnesium juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung serta menurunkan risiko serangan jantung. Dan, kandungan magnesium tersebut bisa Anda temukan pada biji semangka.

Sumber: segiempat.com