June 28, 2017

Pelanet “Bisa Dihuni” Ditemukan Ilmuwan

Pelanet “Bisa Dihuni” Ditemukan Ilmuwan

katadia.com – Para ilmuwan berhasil mengidentifikasi tiga planet baru yang mengelilingi sebuah bintang yang disebut sebagai trio dunia. Bintang terdekat yang diberi nama Gliese 667C ini ditengarai memiliki tiga planet yang disebut sebagai super Bumi karena diduga sebagai ”zona yang bisa dihuni”.

Sebagaimana dilansir bbc.co.uk, Rabu (26/6/2013), zona Gliese adalah kawasan yang temperaturnya memungkinkan tersedianya cairan. Sayangnya belum ada yang bisa memastikan seperti apa kondisi riil di tiga planet ini.

Berdasarkan hasil pantauan sejumlah ilmuwan, Gliese 667C ini terletak 22 tahun cahaya dari Bumi. Para astronom menyebut bisa melihatnya di langit yakni di konstelasi Scorpius (Kalajengking). Gliese 667C memiliki tiga planet yang mengorbit dengan zona hunian lebih besar dibanding dunia yang ditinggali umat manusia saat ini. Berbeda dengan Bumi, ada kemungkinan permukaan tiga planet ini masih penuh dengan bebatuan.

Menggunakan sebuah teleskop 3,6 m yang ada di Observatorium Silla di Cile, sebuah tim yang terdiri dari Guillem Anglada-Escude dari Universitas Gottingen, Jerman, dan Mikko Tuomi dari Universitas Hertfordshire, Inggris, mengkaji ulang sistem tata surya di tempat itu.

“Mereka memiliki massa berkisar antara 2,7 hingga 3,8 kali lebih besar dari Bumi,” kata Mikko Tuomi kepada BBC.

Tuomi menambahkan, periode orbit tiga planet tersebut adalah 28, 39, dan 62 hari. Artinya mereka semua mengelilingi bintang lebih dekat dari permukaan Merkuri di sistem tata surya Bumi, tambah dia, Planet tersebut membutuhkan atmosfir untuk mendapatkan cadangan air di permukaan mereka.

Sayangnya dengan jarak lebih dari 200 miliar kilometer, para ilmuwan tak bisa menentukan kondisi tepat yakni apakah ada kesempatan hidup di kawasan tersebut. Bagaimanapun para peneliti meyakini planet ini menjadi kandidat dunia yang bisa dihuni.