June 26, 2017

NASA Kerjasama dengan Mattel Rilis Barbie Astronot

NASA Kerjasama dengan Mattel Rilis Barbie Astronot

katadia.com – Kendaraan penjelajah NASA di Mars, Curiosity, berulang tahun. Kendaraan itu telah mengeksplorasi permukaan Planet Mars selama satu tahun sejak pertama kali mendarat di Mars pada 5 Agustus 2012.

Bertepatan dengan perayaan itu, sebagaimana dilansir Space.com, Selasa 6 Agustus 2013, NASA bekerjasama dengan perusahaan mainan terbesar di dunia, Mattel, memberikan sentuhan baru pada Planet Mars yang diidentikkan dengan warna merah.

Untuk itu, Mattel merilis program Mars Explorer Barbie, boneka khusus bertema eksplorasi Mars. Dan uniknya, warna aksesorisnya didominasi warna merah muda.

“Barbie siap menambahkan tanda merah muda ke Planet Merah. Boneka akan dilengkapi dengan aksen ruang angkasa merah muda yang reflektif, baik di helm, maupun sepatunya,” demikian pernyataan Mattel.

Mars Explorer Barbie merupakan program Barbie pertama Mattel yang dipromosikan sebagai kerja sama dengan NASA. Mattel tercatat sudah 50 tahun terjun di pakaian boneka antariksa, namun tidak dengan warna unik merah muda.

Sebenarnya Mattel telah merilis pakaian astronot Barbie pertama pada 1965, dua tahun setelah kosmonot Uni Soviet Valentina Tereshkova menjadi wanita pertama dunia yang terbang ke ruang angkasa dan 18 tahun sebelum astronot wanita AS, Sally Ride, mengikuti jejak Tereshkova.

Saat itu Mattel merilis baju Barbie Miss Astronot dengan warna perak dan sarung tangan serta sepatu bot berwarna coklat. Pilihan warna itu mengikuti warna yang umum dikenakan astronot kala itu.

Selanjutnya, saat merayakan ulang tahun Barbie yang ke-50, Mattel merilis beberapa boneka populer termasuk Miss Astronaut.

Dua puluh tahun setelah merilis Barbie Miss Astronaut, akhirnya Mattel merilis Astronaut Barbie baru dengan fitur warna khas merah muda dan rok mini ruang angkasa yang ketat dan gemerlap.

Aksesoris Astronot Barbie selanjutnya di tahun 1994 mengambil tampilan yang realistis. Ini dalam rangka memperingati 25 tahun pendaratan pertama di bulan.

“Itu termasuk tampilan helm dan setelan pakaian ruang angkasa NASA,” kata Space.com. Selain merilis aksesoris astronot, Barbie juga pernah dua kali menyambangi US Space Camp sebagai bagian dari kerjasama pembuatan aksesoris Mattel dengan US Space & Rocket Center di Huntsville, Alabama.

Boneka Space Camp Barbie pertama kali dirilis pada 1998 dengan tampilan boneka astronot berwarna biru seperti yang terdapat di setelan baju astronot yang sebenarnya

Mattel menyatakan tujuan penciptaan boneka Barbie Mars ini adalah untuk mengkampanyekan pencapaian penjelajahan ruang angkasa oleh perempuan AS, selain untuk mempromosikan astronot wanita.