June 26, 2017

Kontes Robot Dunia “EROS” Masuk Delapan Besar Dunia

Kontes Robot Dunia “EROS” Masuk Delapan Besar Dunia

katadia.com – Akhirnya  dalam Kontes Robot Dunia “RoboCup 2013″ di Eindhoven, Belanda, pada 26-30 Juni (EROS) “EEPIS Robot Soccer”  Tim Robot dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) masuk delapan besar dunia.

“Langkah EROS terhenti di Delapan Besar Dunia, karena wakil Indonesia di ajang RoboCup 2013 itu harus puas dengan skor 1-3 melawan tim robot sepak bola AUT-Man dari Iran di perempat-final,” kata Humas PENS Andri Suryandari M.Med.Kom kepada Antara saat melaporkan dari Iran, Minggu (30/6/2013).

Menurut dia, AUT-Man sudah berpengalaman di RoboCup sejak tahun 2005-2006, meski skor 1-3 itu juga merupakan sumbangan dari tim EROS yang melesakkan satu bola ke gawangnya sendiri, setelah bola mengalir bergantian dari daerah EROS ke daerah AUT-Man.

“Secara statistik EROS lebih sering menguasai bola, mengecoh, mengutip bola dan melepaskan diri dari kepungan AUT-Man yang robot-robotnya terlihat kokoh dan kekar. Bahkan beberapa kali EROS berhadapan langsung dengan keeper AUT-Man,” katanya.

Namun, kata Dr Endra Pitowarno yang merupakan ofisial sekaligus perwakilan juri KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) itu, tiga kali tendangan langsung ke gawang lawan gagal membuahkan gol karena melenceng ke sisi kanan.

“Ada perbedaan besar antara pertandingan di Indonesia dengan pertandingan di ROBOCUP 2013. Tidak ada kain penyekat antara juri dan anggota tim yang bermain. Selain itu, di lapangan semua gawang berwarna kuning, sehingga robot harus dapat membedakan mana gawang lawan dan gawangnya sendiri. Faktor adaptasi lapangan menjadi hal yang penting,” katanya.