June 26, 2017

Waspada Sakit Kepala Bisa Berujung Kematian

Waspada Sakit Kepala Bisa Berujung Kematian

katadia.com – Sakit kepala bisa muncul kapan saja. Biasanya, hanya diatasi dengan obat biasa atau dengan beristirahat. Tapi waspada, sakit kepala ini bisa berujung kematian. Aneurisma, sebuah kondisi kelainan pembuluh darah otak gejalanya juga berupa sakit kepala.

Ada area di pembuluh otak yang menonjol dan sangat lemah. Atau, pembuluh yang sangat tipis yang sewaktu-waktu bisa pecah dan memicu pendarahan otak. Efeknya, bisa stroke dan kematian tiba-tiba.

Lokasi yang paling umum terjadinya aneurisma otak adalah jaringan pembuluh darah dasar otak yang disebut lingkaran Willis. Dilansir dari WebMD, kondisi ini bisa terjadi karena seseorang mewarisi  aneurisma secara genetik.

Bisa juga berkembang karena pengerasan arteri (aterosklerosis) dan penuaan. Faktor-faktor berikut dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami aneurisma.

1. Riwayat Keluarga
Seseorang yang sanak keluarganya pernah mengalami aneurisma, berisiko tinggi juga mengalami aneurisma. Ini dibandingkan mereka yang tak memiliki riwayat keluarga dengan aneurisma.

2. Pernah Alami Aneurisma

Orang yang pernah memiliki aneurisma, cenderung akan mengalaminya lagi.

3. Gender
Wanita berisiko lebih tinggi mengalami aneurisma.

4. Hipertensi
Risiko pecahnya pembuluh darah cenderung terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Meskipun aneurisma terjadi tiba-tiba tapi ada serangkaian gejala yang sebenarnya muncul tanpa disadari. Waspada dan periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami sakit kepala tiba-tiba, disertai sakit leher, mual dan muntah, dan sensitivitas pada cahaya serta kejang.

(VIVAlife)