June 28, 2017

Unik, pasir di pantai Amerika Serikat ini bisa ‘bernyanyi’

Unik, pasir di pantai Amerika Serikat ini bisa ‘bernyanyi’

Katadia.com – Bukan mitos atau rekaan, pasir di pantai yang berlokasi di Manchester, Massachusetts, Amerika Serikat ini benar-benar bisa menghasilkan suara ‘nyanyian’ merdu. Karena itulah pantai tersebut dijuluki Singing Beach alias ‘pantai yang bernyanyi’.

Singing Beach merupakan salah satu objek wisata paling populer di pesisir utara Amerika Serikat. Selain pantainya yang indah, daya tarik utama tempat ini adalah pasirnya yang bisa menghasilkan bunyi.

Jika pengunjung menggosok-gosokkan kaki ke pasir pantai yang kering, akan terdengar suara desisan lembut menyerupai suara seruling. Namun fenomena ini tidak terjadi di setiap sudut pantai.

Dilansir Atlas Obscura, hanya bagian pantai yang butiran pasirnya berbentuk bulat dan mengandung silika saja yang bisa menghasilkan bunyi saat bergesekan satu sama lain. Kelembapan udaranya pun harus sesuai.

Photo source: Bostoncitywalk
Photo source: Bostoncitywalk

Selain itu, polusi atau materi organik yang tercampur akan mengurangi efek gesekan pada pasir pantai. Jadi, pantai ini harus senantiasa terjaga kelestariannya agar para pengunjung bisa menikmati ‘nyanyiannya’.

Sumber : http://www.merdeka.com/