June 25, 2017

Qualcomm Bakal Sematkan Chip Snapdragon ke Dalam Drone

Qualcomm Bakal Sematkan Chip Snapdragon ke Dalam Drone

Katadia.com – Jika kita sering mendengar chip Snapdragon diusung oleh smartphone itu merupakan sesutu yang wajar, karena memang banyak smartphone yang beredar saat ini mengusung chip prosesor dari Snapdragon. Namun apa jadinya kalau chip yang biasanya ditemui di ponsel juga ditemui di dalam drone? Ini merupakan sesuatu yang baru pastinya.

Qualcomm

Merajai ponsel dengan komponen chipnya, belum cukup membuat Qualcomm merasa puas. Belakangan ini, perusahaan pembuat chip itu dikabarkan juga ingin merambah bisnis drone. Penggunaan drone memang sedang marak belakangan ini, tak hanya untuk sekedar hobi saja, penggunaan drone kini juga telah merambah ke aktivitas profesional seperti memetakan atau mengambil gambar dari ketinggian untuk keperluan penyiaran. Berdasarkan hal itulah, Qualcomm akhirnya tertarik untuk merambah bisnis drone.

Namun bukan berarti Qualcomm akan memproduksi drone-nya sendiri, sama halnya di bisnis ponsel, Qualcomm akan menjadi pemasok chip untuk dibenamkan kedalam drone. Kabar baru-baru ini mengatakan, Qualcomm akan akan menggunakan chip Snapdragon 800 yang akan memulai debut pertamanya.

Mengapa Qualcomm memilih Snapdragon 800 sebagai chip pertama di dunia drone? Mungkin alasannya karena penggunaan drone sendiri saat ini lebih berfokus pada pengambilan gambar yang berkualitas serta sistem navigasi yang baik. Hal konektivitas pun juga merupakan hal sangat penting bagi drone, dan Qualcomm beranggapan, Snapdragon 800 dapat memenuhi semua kebutuhan itu.

Seperti kita ketahui sendiri, smartphone yang mengusung posesor Snapdragon memang memiliki performa yang baik serta dapat menghasilkan gambar yang optimal dengan pemrosesan gambar yang baik. Dan kebanyakan smartphone saat ini yang mengutamakan kualitas kamera, pasti mengusung prosesor Snapdragon untuk memproses pengambilan gambar.

Dengan kelebihan dalam hal fotografi itulah yang membuat Qualcomm tambah percaya diri dalam menggeluti bisnis drone. Qualcomm juga mengatakan, jika menggunakan chip miliknya, maka harga jual drone juga dapat lebih murah, karena chip dari Qualcomm dapat menangani semua keperluan yang dibutuhkan drone. Sekedar informasi, saat ini kebanyakan drone menggunakan beberapa chip untuk menangani kebutuhan aktivitas yang berbeda-beda.

Menurut rumor yang beredar, Qualcomm akan mengumumkan secara resmi rencananya menggeluti bisnis drone bulan September ini. Kita nantikan saja kabar terbaru dari Qualcomm.

Sumber : beritateknologi.com