June 24, 2017

Pria Ini Ditangkap Polisi Gara-Gara Menendang Robot

Pria Ini Ditangkap Polisi Gara-Gara Menendang Robot

katadia.com – Kehadiran robot di kehidupan manusia nampaknya sudah mulai memberikan dampak positif, seperti membantu pekerjaan, mengihibur, atau menjadi sebuah alat otomatis. Seperti di toko perusahaan telekomunikasi SoftBank di Jepang, terdapat robot yang membantu pekerjaan manusia dalam melayani pelanggannya.

pepper

Namun baru-baru saja, robot yang diberi nama Pepper ini rusak akibat ulah salah seorang pria berumur 60 tahun. Dikutip dari Japan Times, Selasa (8/9/2015), hal ini bermula dari pria yang diketahui bernama Kiichi Ishikawa datang pada hari Minggu ke toko, dan diduga dalam keadaan mabuk. Nampaknya para petugas toko tidak suka dengan sikap Ishikawa yang datang dalam keadaan mabuk, dan begitu pula dengan Ishikawa. Karena emosi dengan pelayanan dari para petugas toko, Ishikawa meluapkan amarahnya dengan menendang robot Pepper yang berada di toko ini.

Dengan bukti rekaman dari kamera keamanan, akhirnya polisi menangkap Ishikawa atas tuduhan perusakan barang (robot Pepper) yang nilainya kurang lebih sekitar 1600 USD atau sekitar 23 juta Rupiah. Banyak sekali para netizen yang penasaran dengan hasil rekaman tersebut, karena sekeras apa Ishikawa menendang sehingga mengakibatkan dirinya ditangkap polisi.

Namun pihak SoftBank mengklaim, atas tindakan Ishikawa, robot Pepper di perusahaan ini mengalami kerusakan. Hal itu dibuktikan dengan melambatnya robot Pepper ini, mungkin terdapat komponen yang rusak di dalamnya.

Robot Pepper sendiri merupakan robot yang diciptakan oleh Aldebaran Robotics, sebuah perusahaan robot yang berbasis di Paris, Perancis. Robot yang diciptakan pada tahun 2014 ini dapat berinteraksi dengan manusia, dan dapat merasakan perasaan yang dirasakan oleh manusia.

Sumber : http://www.beritateknologi.com