June 28, 2017

Orange Pi PC, Komputer Kecil Harganya Cuma 200 Ribu-an

Orange Pi PC, Komputer Kecil Harganya Cuma 200 Ribu-an

katadia.com – Komputer dengan harga 200 ribu-an? Yup, benar sekali. Komputer yang satu ini dapat Anda dapatkan dengan harga yang sangat murah. Dengan harga sebesar itu, seperti spesifikasinya?

Orange Pi PC, ya itu adalah nama dari komputer mungil ini. Orange Pi PC ini merupakan single board komputer yang mana ukurannya lebih kecil dari komputer biasa, dan bisa langsung dipakai karena di dalamnya sudah tertanam micro prosesor dan RAM. Kebanyakan single board komputer digunakan untuk keperluan robotika atau home automation.

Tampilan muka Orange PiTampilan muka Orange Pi

Orange Pi PC disokong prosesor dari Alwinner H3 yang sudah quad-core, juga disandingkan dengan pengolah grafis Mali 400MP2 yang dapat memutar video resolusi hingga 4K, serta RAM sebesar 1GB. Orange Pi PC juga dilengkapi dengan soket HDM dan AV, soket LAN,  3 soket USB 2.0, sebuah soket micro USB, pemancar infra merah, mikrofon, serta slot micro SD untuk media penyimpanannya.

Selain itu, terdapat juga 40-pin yang kompatibel dengan aksesoris dari Raspberry Pi, CSI interface untuk kamera, dan LED yang menunjukan indikator power dan status pada Orange Pi ini.

opi-00

Orange Pi PC dapat dipasang sistem operasi yang berbasis Android dan Linux, seperti Ubuntu, Debian, atau Raspberry.

Single board komputer ini, sudah tersedia di toko online AliExpress dengan harga 15 USD atau sekitar 220 ribu Rupiah dan belum termasuk ongkos kirim.

Sumber : http://www.beritateknologi.com