June 25, 2017

Rinjani Mini di Desa Sembalun: Bukit Pergasingan

Rinjani Mini di Desa Sembalun: Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan, tepat berada di Desa Sembalun, Lombok Timur, dengan ketinggian 1700an mdpl, menawarkan solusi alternatif buat kalian yang pengen naik gunung saat Rinjani ditutup. Mendaki kurang lebih 3 jam kalian sudah bisa menikmati panorama menakjubkan Desa Sembalun dengan Puncak Rinjani sebagai backgroundnya.

Sembalun, Lombok (7)

Pergasingan berasal dari asal kata Gasing, merupakan sebuah benda permainan tradisional yang diputar dengan menggunakan tali disebut (sembalun: Alit), karena diyakini oleh masyarakat Sembalun bahwa pada zaman dahulu tokoh-tokoh terkenal pada masa itu suka berlomba main gasing di puncak gunung yang datar ini. Kegiatan ini rutin mereka lakukan sebagai ajang olahrga atau kepintaran main gasing diantara mereka.

Gunung Rinjani dalam setahun memang menarik banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk menikmati panorama alam yang ditawarkan. Namun dalam satu tahun, tiga bulan diantaranya ditutup untuk umum, tidak boleh dikunjungi. Alasan ditutup adalah untuk peremajaan dan karena pada Bulan Januari-Maret cuaca di Rinjani kurang bersahabat buat para pendaki, cukup berbahaya.

Bagi yang hobi naik gunung, ditutupnya Gunung Rinjani memang cukup bikin kita kecewa. Tapi tenang, meskipun Gunung Rinjani ditutup, ada tiruannya loh, yang gak kalah eksotis pemandangannya , ini jauh lebih indah daripada berada di Puncak Rinjani.

Sembalun, Lombok (8)

Bagi yang ingin bermalam camping di bukit ini, perlengkapan tracking tetap harus dipersiapkan. Begitu juga dengan logistik yang memadai. Jalur pendakian tidak bisa dianggap sepele karena di beberapa titik kita akan menemui kemiringan kurang lebih 65 derajat dan juga banyak kotoran sapi. 3 jam pendakian akan sangat melelahkan namun itu juga setimpal dengan pemandangan yang disajikan baik saat dalam perjalanan mendaki sampai anda berada di puncak.