June 27, 2017

PESONA AIR TERJUN, DAN LEBATNYA HUTAN PANDAN PANTAI JOGAN

PESONA AIR TERJUN, DAN LEBATNYA HUTAN PANDAN PANTAI JOGAN

Terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di Desa Purwodadi, berjarak ± 25 kilometer dari kota Wonosari ibukota kabupaten Gunungkidul dan di sebelah barat pantai Siung, pantai Jogan merupakan pantai yang eksotis. Keeksotisan Pantai Jogan dapat dilihat dari pantai yang mempunyai ciri kas yang berbeda dengan pantai lain dan mungkin merupakan satu-satunya pantai di Dunia yang mempunyai air terjun dan hutan pandan yang sangat luas.

Terletak ± 2 kilometer di sebelah barat pantai Siung, pantai Jogan dapat dicapai dengan 2 alternatif. Alternatif pertama, diperuntukkan bagi yang suka berpetualang dan berencana tinggal lebih lama di pantai  Jogan. Alternatif ini dapat dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri bibir pantai ke arah barat dari pantai Siung, namun karena harus melewati  jalan setapak dan tebing yang curam sangat disarankan untuk meminta bantuan penduduk lokal sebagai penunjuk jalan. Dengan menggunakan alternatif pertama, jarak yang ditempuh untuk sampai ke pantai Jogan hanya sekitar satu kilometer dari pantai Siung. Di perjalanan kita akan melewati sebuah pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai Siung yaitu pantai Nglambor, selain kita dapat menikmati keindahan pantai Nglambor kita juga akan menikmati indahnya pemandangan laut selatan yang terbentang luas di sepanjang jalan setapak yang kita lalui, selain itu, jika kita beruntung kemungkinan besar kita akan melewati gerombolan Kera ekor panjang yang populasinya mencapai ribuan ekor berkat konservasi yang dilakukan penduduk lokal. Alternatif kedua dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, baik itu dengan menggunakan Mobil atau dengan menggunakan Sepeda motor, walaupun jalan ke pantai Jogan belum beraspal namun jalan ke pantai Jogan sudah bercorblok sehingga nyaman dilalui kendaraan. Alternatif kedua ini, dari pantai Siung kita menggunakan kendaraan pribadi berjalan ke arah pulang (utara), ± 800 meter dari pantai Siung, kita akan bertemu sebuah pertigaan di sumber mata air Mendolo (salah satu sumber mata air terjun pantai Jogan) lalu di pertigaan tersebut kita mengambil jalan sebelah kiri (jalan bercorblok) dan sampailah kita di pantai Jogan. Alternatif kedua ini membutuhkan waktu  ± 10 menit dari pantai Siung ( ± 2 kilometer).

pantai-jogan-sebagai-pantai-dengan-air-terjun-eksotis-di-gunungkidulPantai Jogan memiliki banyak aspek keindahan. Di sana kita dapat menikmati indahnya Air Terjun, Hutan Pandan dan Sunset.  Air terjun di pantai Jogan mempunyai  ketinggian ± 20 meter dari permukaan air laut. Air terjun pantai Jogan bersumber dari 2 mata air yaitu dari mata air Mendolo dan mata air Mundel. Dengan mata air yang tidak pernah kering sepanjang musim dan sangat jernih, air terjun ini dapat dinikmati sepanjang waktu. Hutan pandan di pantai Jogan mempunyai luas ± 25 hektar. Hutan pandan ini dapat dinikmati dengan berjalan-jalan menelusuri rimbunnya dedaunan. Kita juga dapat beristirahat disela-sela rimbunnya daun pandan sambil menikmati bekal yang kita bawa namun kita harus berhati-hati dengan duri-duri daun pandan dan kita harus menjaga kebersihan dari sisa-sisa bekal yang kita bawa, kita harus menjaga lingkungan agar tetap bersih dan membuang sampah pada tempatnya. Selain Air terjun dan Hutan pandan,  pantai Jogan juga menawarkan salah satu keindaan yang tidak kalah indahnya yaitu kita dapat menikmati indahnya matahari terbenam. Sunset di pantai Jogan dapat dinikmati dari batu karang sebelah barat pantai, batu karang ini dapat kita tempuh menembus hutan pandan dengan jalan setapak berliku menyerupai sebuah labirin yang menciptakan keasikan tersendiri.

Berwisata di pantai Jogan merupakan wisata alternatif yang sangat mengasikkan. Bagi yang suka berpetualang kita bisa menggunakan alternatif pertama bagi yang hanya ingin berpariwisata melepas kepenatan dan menghilangkan stress kita bisa menggunakan alternatif kedua. Indahnya air terjun, segarnya udara dengan bau kas pohon pandan dan eloknya lagit senja dikala sunset akan menyambut kedatangan para pengunjung. Dengan kontur yang berbeda dengan pantai-pantai lain di seluruh dunia dan mungkin hanya satu-satunya di dunia  pantai jogan tentunya akan menarik wisatawan baik wisatawan domestik atau wisatawan asing bahkan bisa menjadi tujuan pariwisata internasional.