June 27, 2017

Kurangi Depresi dan Gejala Menopause dengan Cara Ini

Kurangi Depresi dan Gejala Menopause dengan Cara Ini

Katadia.com – Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa meregangkan badan selama 10 menit sehari dapat membantu mengurangi gejala menopause dan depresi pada wanita paruh baya.

“Latihan intensitas ringan seperti peregangan, sebelumnya belum pernah dievaluasi mengenai dampaknya pada gejala menopause dan depresi,” ujar peneliti Yuko Kai.

Penelitian tersebut dilakukan pada 40 wanita Jepang berusia 40 sampai 60 tahun, yang berpartisipasi dalam studi di Physical Fitness Research Institute, Meiji Yasuda Life Foundation of Health and Welfare di Tokyo. Kemudian dua puluh wanita itu secara acak diminta untuk melakukan peregangan 10 menit sehari sebelum tidur, selama tiga minggu. Sedangkan dua puluh lainnya diminta untuk tidak melakukannya dan langsung tidur.

Kemudian tim peneliti mengevaluasi gejala menopause dengan menggunakan 10 pertanyaan mengenai gejala vasomotor, seperti hot flushes (gejala umum perimenopause berupa rasa panas di dalam tubuh diikuti dengan keluarnya keringat serta jantung yang berdebar-debar), gejala psikologis, dan nyeri di tubuh, seperti yang dilansir dari Foxnews, Selasa (2/8/2016).

Awalnya, kedua kelompok memberikan hasil yang sama. Kemudian kelompok yang melakukan peregangan, diminta lagi untuk menambahkan olahraga ringan tersebut lima hari per minggu.

Secara keseluruhan, hasilnya para wanita di dalam kelompok peregangan, memiliki skor yang lebih baik dan meningkat pada pertanyaan-pertanyaan tersebut setelah masa studi tiga minggu, jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukan peregangan sebelum tidur.

Namun untuk lebih mengetahui hasil kesimpulan yang lebih baik, direktur eksekutif di North American Menopause Society, D. JoAnn Pinkerton mengatakan,” studi ini perlu diterapkan pada sesuatu yang lebih besar dan lebih beragam, seperti misalnya pada kelompok wanita menopause yang aktif.”

Ia juga menambahkan, “Perlu diingat bahwa penting bagi wanita untuk aktif bergerak daripada tidak aktif bergerak. Jika seorang wanita berolahraga jalan 30 menit setiap hari dan kemudian melakukan peregangan selama 10 menit, maka hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan, suasana hati, kognisi, kualitas tidur, dan menurunkan gejala menopause.”

Sumber: Liputan6.com